Penganggaran Modal

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.32

Perusahaan Keuangan (Wikipedia)

Penganggaran modal, dan penilaian investasi, dalam keuangan perusahaan, adalah proses perencanaan yang digunakan untuk menentukan apakah investasi jangka panjang organisasi seperti mesin baru, penggantian mesin, pabrik baru, produk baru, dan proyek pengembangan penelitian bernilai pendanaan tunai melalui struktur kapitalisasi perusahaan (utang, ekuitas atau laba ditahan). Ini adalah proses pengalokasian sumber daya untuk modal utama, atau investasi, pengeluaran. Tujuan yang mendasari, konsisten dengan pendekatan keseluruhan dalam keuangan perusahaan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan kepada pemegang saham.

Teknik

Banyak metode formal yang digunakan dalam penganggaran modal, termasuk teknik seperti:

  • Tingkat pengembalian akuntansi
  • Pengembalian akuntansi rata-rata
  • Periode pengembalian
  • Nilai bersih sekarang
  • Indeks profitabilitas
  • Tingkat pengembalian internal
  • Tingkat pengembalian internal yang dimodifikasi
  • Biaya tahunan setara
  • Penilaian opsi nyata

Metode ini menggunakan arus kas tambahan dari setiap investasi potensial, atau proyek. Teknik berdasarkan pendapatan akuntansi dan aturan akuntansi kadang-kadang digunakan - meskipun para ekonom menganggap ini tidak tepat - seperti tingkat pengembalian akuntansi, dan "pengembalian investasi." Metode yang disederhanakan dan hibrida juga digunakan, seperti periode pengembalian modal dan periode pengembalian diskon.

Nilai bersih sekarang

Arus kas didiskontokan pada biaya modal untuk memberikan nilai sekarang bersih (NPV) yang ditambahkan ke perusahaan. Kecuali modal dibatasi, atau ada ketergantungan antar proyek, untuk memaksimalkan nilai tambah perusahaan, perusahaan akan menerima semua proyek dengan NPV positif. Metode ini memperhitungkan nilai waktu dari uang. Untuk mekanisme penilaian di sini, lihat Penilaian menggunakan arus kas yang didiskontokan.

Proyek yang saling eksklusif adalah satu set proyek dari mana paling banyak satu akan diterima, misalnya, satu set proyek yang menyelesaikan tugas yang sama. Jadi ketika memilih di antara proyek-proyek yang saling eksklusif, lebih dari satu proyek dapat memenuhi kriteria penganggaran modal, tetapi hanya satu proyek yang dapat diterima; lihat di bawah proyek #Ranked.

Tingkat pengembalian internal

Tingkat pengembalian internal (IRR) adalah tingkat diskonto yang memberikan nilai sekarang bersih (NPV) nol. Ini adalah ukuran efisiensi investasi yang banyak digunakan. Untuk memaksimalkan pengembalian, urutkan proyek dalam urutan IRR.

Banyak proyek memiliki struktur arus kas yang sederhana, dengan arus kas negatif di awal, dan arus kas selanjutnya positif. Dalam kasus seperti itu, jika IRR lebih besar dari biaya modal, NPV positif, jadi untuk proyek yang tidak saling eksklusif di lingkungan yang tidak dibatasi, menerapkan kriteria ini akan menghasilkan keputusan yang sama dengan metode NPV.

Contoh proyek dengan arus kas yang tidak sesuai dengan pola ini adalah pinjaman, yang terdiri dari arus kas positif di awal, diikuti oleh arus kas negatif di kemudian hari. Semakin besar IRR pinjaman, semakin tinggi tingkat yang harus dibayar peminjam, jadi jelas, IRR yang lebih rendah lebih disukai dalam kasus ini. Setiap pinjaman tersebut dengan IRR kurang dari biaya modal memiliki NPV positif.

Tidak termasuk kasus seperti itu, untuk proyek investasi, di mana pola arus kas sedemikian rupa sehingga semakin tinggi IRR, semakin tinggi NPV, untuk proyek yang saling eksklusif, aturan keputusan mengambil proyek dengan IRR tertinggi akan memaksimalkan pengembalian, tetapi dapat memilih proyek dengan NPV yang lebih rendah.

Dalam beberapa kasus, beberapa solusi untuk persamaan NPV = 0 mungkin ada, artinya ada lebih dari satu kemungkinan IRR. IRR ada dan unik jika satu tahun atau lebih investasi bersih (arus kas negatif) diikuti oleh pendapatan bersih selama bertahun-tahun. Tetapi jika tanda-tanda arus kas berubah lebih dari sekali, mungkin ada beberapa IRR. Persamaan IRR umumnya tidak dapat diselesaikan secara analitik tetapi hanya melalui iterasi.

IRR adalah pengembalian modal yang diinvestasikan, selama sub-periode diinvestasikan. Mungkin tidak mungkin untuk menginvestasikan kembali arus kas perantara pada tingkat yang sama dengan IRR. Oleh karena itu, ukuran yang disebut Tingkat Pengembalian Internal yang Dimodifikasi (MIRR) dirancang untuk mengatasi masalah ini, dengan mensimulasikan reinvestasi arus kas pada tingkat pengembalian kedua.

Meskipun preferensi akademis yang kuat untuk memaksimalkan nilai perusahaan menurut NPV, survei menunjukkan bahwa eksekutif lebih memilih untuk memaksimalkan pengembalian.

Metode anuitas ekuivalen

Metode anuitas ekuivalen menyatakan NPV sebagai arus kas tahunan dengan membaginya dengan nilai sekarang dari faktor anuitas. Ini sering digunakan ketika menilai hanya biaya proyek tertentu yang memiliki arus kas masuk yang sama. Dalam bentuk ini, ini dikenal sebagai metode biaya tahunan setara (EAC) dan merupakan biaya per tahun untuk memiliki dan mengoperasikan aset selama masa pakainya.

Ini sering digunakan ketika membandingkan proyek investasi dengan rentang hidup yang tidak sama. Sebagai contoh, jika proyek A memiliki perkiraan umur 7 tahun, dan proyek B memiliki perkiraan umur 11 tahun, tidak tepat untuk hanya membandingkan nilai sekarang bersih (NPV) dari kedua proyek, kecuali jika proyek tidak dapat diulang.

Penggunaan metode EAC menyiratkan bahwa proyek akan digantikan oleh proyek yang identik.

Sebagai alternatif, metode rantai dapat digunakan dengan metode NPV dengan asumsi bahwa proyek akan diganti dengan arus kas yang sama setiap waktu. Untuk membandingkan proyek dengan panjang yang tidak sama, katakanlah, 3 tahun dan 4 tahun, proyek dirantai bersama, yaitu empat pengulangan proyek 3 tahun dibandingkan dengan tiga pengulangan proyek 4 tahun. Metode rantai dan metode EAC memberikan jawaban yang setara secara matematis.

Asumsi arus kas yang sama untuk setiap mata rantai pada dasarnya adalah asumsi inflasi nol, sehingga tingkat bunga riil daripada tingkat bunga nominal biasanya digunakan dalam perhitungan.

Pilihan nyata

Analisis opsi nyata telah menjadi penting sejak tahun 1970-an karena model penetapan harga opsi menjadi lebih canggih. Metode arus kas yang didiskontokan pada dasarnya menilai proyek seolah-olah itu adalah obligasi berisiko, dengan arus kas yang dijanjikan diketahui. Tetapi manajer akan memiliki banyak pilihan tentang bagaimana meningkatkan arus kas masuk masa depan, atau mengurangi arus kas keluar masa depan. Dengan kata lain, manajer dapat mengelola proyek - tidak hanya menerima atau menolaknya. Analisis opsi nyata mencoba menilai pilihan - nilai opsi - yang akan dimiliki manajer di masa depan dan menambahkan nilai-nilai ini ke NPV.

Proyek berperingkat

Nilai sebenarnya dari penganggaran modal adalah untuk menentukan peringkat proyek. Sebagian besar organisasi memiliki banyak proyek yang berpotensi menguntungkan secara finansial. Setelah ditentukan bahwa proyek tertentu telah melampaui rintangannya, maka proyek tersebut harus diperingkatkan terhadap proyek sejenis (misalnya - indeks Profitabilitas tertinggi hingga indeks Profitabilitas terendah). Proyek peringkat tertinggi harus dilaksanakan sampai modal yang dianggarkan telah dikeluarkan.

Sumber pendanaan

Investasi dan proyek penganggaran modal harus didanai melalui kelebihan kas yang disediakan melalui peningkatan modal utang, modal ekuitas, atau penggunaan laba ditahan. Modal hutang adalah uang tunai yang dipinjam, biasanya dalam bentuk pinjaman bank, atau obligasi yang diterbitkan kepada kreditur. Modal ekuitas adalah investasi yang dilakukan oleh pemegang saham, yang membeli saham perusahaan. Laba ditahan adalah kelebihan surplus kas dari laba perusahaan saat ini dan masa lalu.

Masing-masing sumber ini memiliki karakteristiknya sendiri mengenai (i) tingkat pengembalian yang diharapkan yang diharapkan oleh penyedia modal, dengan dampak konsekuen pada keseluruhan biaya modal, serta (ii) implikasi untuk arus kas. "Bauran pembiayaan" yang dipilih dengan demikian akan mempengaruhi penilaian perusahaan: Keuangan perusahaan Struktur kapitalisasi membahas dua pertimbangan yang saling terkait ini.

Membutuhkan

  1. Sejumlah besar uang terlibat, yang mempengaruhi profitabilitas perusahaan, membuat penganggaran modal menjadi tugas penting.
  2. Investasi jangka panjang, sekali dibuat, tidak dapat dikembalikan tanpa kehilangan modal yang diinvestasikan secara signifikan. Investasi menjadi tenggelam, dan kesalahan, alih-alih segera diperbaiki, sering kali harus ditanggung sampai proyek dapat ditarik melalui biaya penyusutan atau, dalam kasus terburuk, likuidasi perusahaan. Ini mempengaruhi seluruh perilaku bisnis selama bertahun-tahun yang akan datang.
  3. Keputusan investasi adalah keputusan utama yang akan menyebabkan keuntungan diperoleh bagi perusahaan dan mungkin akan diukur melalui pengembalian modal. Campuran yang tepat dari investasi modal cukup penting untuk memastikan tingkat pengembalian investasi yang memadai, yang memerlukan penganggaran modal.
  4. Implikasi dari keputusan investasi jangka panjang lebih luas daripada keputusan jangka pendek karena faktor waktu yang terlibat; keputusan penganggaran modal tunduk pada tingkat risiko dan ketidakpastian yang lebih tinggi daripada keputusan jangka pendek.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org